Oktober 21, 2020

Kareba Tana Ogi

Berimbang Mengabarkan

Bupati Sidrap buka Bimtek SIPD,ini harapannya

Bupati Sidrap, H Dollah Mando didampingi Sekretaris Daerah Sudirman Bungi membuka Bimbingan Teknis Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dalam rangka penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021 di Hotel Four Point Makassar, Sabtu (17/10/2020) malam.

Hadir di kesempatan itu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Rasyid. Acara juga diikuti para kepala OPD lingkup Pemkab Sidrap.

Kepala BKAD Sidrap, Nasruddin Waris dalam laporannya memaparkan, SIPD merupakan kewajiban bagi seluruh pemerintah daerah untuk diterapkan pada tahun anggaran 2021.

“Di tahun anggaran 2021 secara regulasi, kita di tuntut untuk bergerak lebih cepat dengan SIPD. Salah satu upaya yang dilakukan Pemda Sidrap dengan melaksanakan bimtek atas regulasi tersebut,” terang Nasruddin.

Bupati Sidrap, H Dollah Mando berharap melalui bimtek itu terbangun kesamaan persepsi seluruh OPD Sidrap dalam menerapkan SIPD di tahun anggaran 2021.

“Pemahaman yang komprehensif tentu menjadi syarat mutlak terwujudnya pemerintahan yang baik.

Olehnya itu, Saya berharap sosialiasi dan bimtek ini memberi informasi pengelolaan SIPD dalam meningkatkan kualitas kinerjapenyusunan dan pelaksanaan pengelolaan informasi keuangan daerah,” urai Dollah.

Dollah tidak lupa menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkhusus Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas terlaksananya bimtek tersebut.

“Hal ini merupakan wujud terciptanya potensi kemitraan yang tinggi sehingga tugas-tugas pemerintah daetah senantiasa berjalan dengan baik,” tandasnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan bimtek tersebut merujuk pada implementasi Permendagri Nomor 70 Tahun 2019

Tentang SIPD dan Pemendagri Nomor 90 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pebangunan dan Keuangan Daerah.

Peserta terdiri dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (OPD), pendamping serta utusan organisasi perangkat daerah lingkup Pemkab Sidrap. Bimtek dijadwalkan berlangsung selama lima hari dari 17-21 Oktober 2020.

Kegiatan dibagi dua sesi, yakni bimtek oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), dan bimtek dengan tim teknis yaitu perencanaan dengan operator penginputan Pra RKA menuju rancangan APBD TA. 2021.